top of page

Ketahui 8 Cara Menjemput Rezeki Yang Barokah

Sebagai muslimah yang baik cara menjemput rezeki yang barakah memerlukan tata cara yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Memperoleh rezeki yang banyak belum tentu jaminan sesuai dengan konsep rezeki yang halal dan berlimpah. Mungkin saja seseorang memiliki rezeki namun tidak mengandung keberkahan di dalamnya. Karena di dalam Islam yang dianjurkan rezeki yang bertambah dan mengandung kebaikan. Supaya rezekimu kian lancar, barokah dan halal seperti tuntunan Rasulullah, inilah 8 langkah yang bisa sahabat lakukan.

Hindari pekerjaan yang haram

Pekerjaan disini maksudnya bertentangan dengan nilai-nilai Islam dan bila melakukannya kita akan berdosa. Jangan mudah tergiur dengan keuntungan yang mudah namun caranya tidak baik atau mendzalimi orang lain. Lebih baik rezeki sedikit namun diperoleh dengan cara halal yang akan memberikan keberkahan dan kaya akan manfaat. Karena kehalalan merupakan prioritas dalam mencari rezeki.

Awali dengan niat hanya kepada Allah Swt

Segala sesuatu berawal dari niatnya, untuk bekerja kita bisa mendawamkan niat bahwa kita bekerja tujuannya untuk Allah. Insyaallah segala langkah kita akan tercatat dalam kebaikan dan sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya.

Man Jadda Wa Jadda

Siapa yang bersungguh-sungguh akan menemukan hasil yang terbaik. Rasululah bersabda, “Sesungguhnya Allah Ta’ala senang melihat hamba-Nya bersusah payah (kelelahan) dalam mencari rezeki yang halal.” (HR. Dailami)

Sabar dan Mengadukan setiap masalah rezeki ini hanya kepada Allah

(photo by: dailymail.com)

Dalam proses memperoleh rezeki adakalanya kita merasakan proses dan jatuh bangun yang membuat kita merasa lelah dan putus asa. Jangan biarkan itu datang menghampirimu, ceritakanlah hanya kepada Allah yang akan menuntunmu untuk menemukan jawabannya.

Bersedekah

Sedekah itu menghadirkan keberkahan dalam hidup. Karena setiap sedekah ada balasannya, untuk itu cara memperoleh rezeki yang baik bisa dengan cara bersedekah.

Istigfar

Mengucapkan istigfar merupakan bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah Swt karena hanya diri-Nya yang berkenan untuk melapangkan jiwa dan kehidupan kita. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadisnya, “Barangsiapa memperbanyak istigfar maka Allah Swt akan menghapuskan segala kedukaanya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka.”

Utarakan “La haula wa la quwwata illa billah.”

Kata-kata ini sering disebut kalimat hauqalah yang artinya “Tiada daya dan upaya kecuali dengan bantuan dari Allah.” Ucapan ini memiliki makna tentang bahwa manusia itu menyerahkan diri segala urusannya kepada Allah Swt dan menerima segala keputusan-Nya. Kata-kata ini memiliki makna yang dahsyat bagi kita yang sedang menjemput rezeki.

Taqwa dan Tawakkal

Halangan dan rintangan seringkali mengiringi langkah kita dalam berusaha untuk itu kita harus terus bersabar. Mencari rezeki merupakan proses dan perjalanan. Namun ketika sudah mendapatkannya jangan mengabaikan Allah, namun teruslah untuk tetap istiqomah di jalan-Nya. Diutarakan dalam Al-Quran, “... Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap manusia.” (QS. At-Thalaq: 2-3)

(**)

bottom of page